Bibit Jamur Tiram

Bibit Jamur Tiram Putih

Bibit jamur tiram terutama yang berwarna putih masih agak sulit di dapatkan, terutama di daerah-daerah yang masih baru memulai usaha budidaya jamur tiram, karena bibit jamur tiram ini dalam pembuatannya butuh proses, keahlian dan peralatan yang khusus sehingga menyulitkan bagi petani budidaya jamur tiram untuk membuatnya, terutama bagi petani budidaya jamur tiram pemula sudah tentu belum tahu cara membuat bibit jamur tiram putih.
Sulitnya mendapatkan bibit jamur tiram ini membuat harga bibit ini tinggi karena umumnya bibit jamur tiram ini masih di kirim dari pulau jawa yang harga kirimnya hampir menyamai harga bibit jamur tiram itu sendiri belum lagi resiko yang ditanggung dalam pengirim seperti bibit yang pecah, hilang atau hal-hal lain yang membuat terkontaminasinya bibit jamur tiram.

Cara Mengenal Bibit jamur Tiram yang Baik

Dalam membuat bibit jamur tiram oleh setiap suplier bibit tidak semua cara, bahan dan prosesnya sama, ada dengan peralatan canggih dan ada pula dengan peralatan seadanya, ada dengan bahan biji-bijian ada juga dengan bahan serbuk atau bahan lainnya, tetapi itu semua belum bisa menjamin dan menentukan kualitas bibit jamur tiram itu sendiri. Dibawah ada beberapa cara memilih dan menentukan kualitas bibit jamur tiram.

  1. Benang misilium bibit jamur berwarna putih bersih dan halus
  2. Tidak ada kontaminasi sedikitpun
  3. Berbahan./media utama PDA untuk kultur murni (F0)
  4. Berbahan/media utama biji-bijian untuk F1 dan F2 (sangat di utamakan dengan media JAGUNG)
  5. Bibit tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua
  6. Perhatikan kepala tutup botol bibit harus tertutup rapat dan bersih
  7. Hindari membeli bibit jamur tiram ke suplier yang tidak bisa membuat kultur murni
  8. Untuk proses budidaya gunakan bibit F2, jangan F3 atau sampai F4 karena misiliumnya sudah lemah
  9. Ingat…!!! Hasil budidaya yang baik di tentukan oleh baiknya kualitas bibit jamur tiram 

Cara Membuat Bibit Jamur Tiram

Sebenarnya membuat bibit jamur tiram tidaklah terlalu sulit seperti bayangan orang-orang pada umumnya, Hanya membutuhkan sedikit skil, ketelitian dan beberapa peralatan penunjang, dan akan lebih baik memiliki labor bibit jamur tiram.

Caranya adalah:
  • Membuat kultur murni/ bibit jamur tiram F0. Ini adalah langkah awal dalam proses pembuatan bibit jamur tiram, dimana media yang di gunakan adalah PDA (Potato Dextrosa Agar), caranya adalah dengan mengambil langsung spora jamur yang ada pada batang tubuh jamur tiram dan mengembangkannya ke dalam PDA sehingga terbentuknya kultur jaringan murni bibit jamur tiram.

Bibit Jamur Tiram F0

Bibit Jamur Tiram F0

  •  Membuat bibit jamur tiram F1.Membuat bibit jamur tiram F1 tidak lagi sesulit membuat kultur murni, hanya dengan cara menurunkan bibit F0/kultur murni ke media berikutnya seperti biji-bijian, untuk bahan/medianya lebih baik menggunakan jagung, karena sepengalaman kami jagung merupakan media yang paling baik untuk kembang tumbuhnya misilium bibit jamur tiram.

BIbit Jamur Tiram F1
               BIbit Jamur Tiram F1
  • Bibit jamur tiram F2. Pembuatan bibit jamur tiram generasi ini persis sama dengan generasi sebelumnya yaitu F1, medianya pun juga bisa sama, hanya saja yang membedakan adalah kualitas mesiliumnya. karena berasal dari/turunan dari F1 sudah tentu misilium F1 lebih baik dari F2 ini. akan tetapi kami sangat menyarankan bibit jamur tiram F2 ini di jadikan untuk bibit dalam proses budidaya karena misiliumnya masih terbilang kuat, berbeda dengan generasi berikutnya yaitu F3 dan F4 yang rentan mati misiliumnya dalam proses budidaya dan membuat budidaya jamur tiram menjadi gagal. Karena sepengalaman kami penyebab utama kegagalan dalam proses budidaya jamur tiram adalah salah dalam memilih bibit jamur tiram.

BIbit Jamur Tiram F2

BIbit Jamur Tiram F2

Bibit Jamur Tiram Produksi “UD. Agro Hijrah Sejahtera”

UD. Agro Hijrah Sejahtera adalah salah satu suplier bibit jamur tiram di pulau Kalimantan yang sudah mulai memproduksi bibit jamur tiram dari tahun 2009. Kunci utama dalam proses pembuatan bibit jamur tiram kami adalah Kualitas Misilium Unggul, sehingga menghasilkan tumbuh jamur yang baik dan besar serta untung budidaya yang besar. Dibawah ini List Harga bibit jamur tiram.

No
Jenis Bibit
Harga
Bahan
Kemasan
1
F0 (kultur Murni) Rp. 110.000,- PDA Tabung Reaksi
2
F1 Rp. 110.000,- Jagung Botol Saus
3
F2 Rp. 15.000,- Jagung Botol Saus
Untuk pemesanan bibit jamur tiram maupun baglog dari kami 
silahkan Hub. langsung Alexxander : 081348428286
BIBIT JAMUR TIRAM SUDAH KAMI KIRIM KEBERBAGAI KOTA DAN DAERAH-DAERAH DI NUSANTARA
Jual Bibit Jamur Tiram

Bukti Pengiriman

INGAT…….!!!!!!
HASIL BUDIDAYA YANG BAIK DI TENTUKAN OLEH BAIKNYA KUALITAS BIBIT JAMUR TIRAM
Alexxander
081348428286

3 comments on “Bibit Jamur Tiram

  1. Sayuti on said:

    maap pa sebelum pnduan tentang pembuatan jamur tiram, saya mau nanya tentang bahan bahan pembuatan jamur tiram apakah itu ada dipasaran atau dijual di pasaran makasih

    • Budidaya Jamur tiram on said:

      Bahan bahan bisa di dapatkan di lokasi anda, karena pada dasarnya bahan bahannya sangat sederhana dan sudah kami jelaskan detail dalam panduan sudah anda pesan.

  2. DEDI SOPIAN on said:

    maf pak untuk Jamur tiram yg bpk kembangkan itu jenis apa? dan indukan Jamur Tiramnya generasi yg keberapa? dan pada saat kultur murni PDA, itu pengambilan spora ny dengan cara langsung atau dengan cara pengambilan daging jamur ny ? Trim’s

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>